Pilih Laman

Bagi temen temen yang baru belajar dan bingung apa yang akan di setting di mikrotik. Berikut setting standar mikrotik agar  berfungsi sebagai router :

IP Addres Wan :

ip addres wan adalah ip addres yang kita dapat dari Internet Service Provider yang kita pakai , jadi ip ini tidak bisa kita buat sembarangan atau asal asalan. di isi di interface yang menuju ISP yang digunakan.

IP LAN :

IP Lan adalah ip yang akan menjadi gateway untuk host-host yang ada dibawahnya. di isi di interface yang akan kita gunakan menuju network Lokal . IP address ini bisa kita buat sesuai keinginan kita, tapi tetap harus mengacu standar untuk ip private yang telah di tentukan, adapun ip private tersebut range nya adalah :

  • Class A

10.0.0.0/8.

10.0.0.0-10.255.255.255

  • Class B

172.16.0.0/12.

172.16.0.0-172.31.255.255

  • Class C

192.168.0.0/16.

192.168.0.0-192.168.255.255

 

Default Route

Default route harus diisi agar router bisa meneruskan trafik ke Internet .

Menunya ada di  IP>>Route

klik add   isi Dst addres 0.0.0.0/0 gateway di isi IP Modem/Router/Radio ISP yang digunakan.

iproute

 

DNS

Dns harus diisi , karena tanpa dns kita tidak akan bisa meresolve alamat-alamat website , sehingga kita tidak bisa browsing.

Menunya ada di  IP>>DNS

dns3

Isi dns dengan dns yang kita dapat dari ISP yang digunakan, centang allow remote request jika anda ingin menjadikan router sebagai dns untuk host-host yang dibawah router.


NAT

NAT berfungsi  sebagai translasi alamat IP public ke alamat IP private atau sebaliknya sehingga dengan adanya NAT ini setiap host  pada jaringan LAN dapat mengakses internet dengan mudah.

Menunya IP>>Firewall>>Nat  , Tab General isi sbb :

nat1

Out Interface bisa diisi dan bisa tidak, jika ingin di isi, isilah dengan interface WAN anda.

Lalu masuk ke tab Action

nat2

isi Action dengan “masquerade”

 

DHCP Server

Dhcp berfungsi memberikan IP secara otomatis ke host-host . Dhcp Sangat penting diaktifkan untuk host-host melalui wireless, untuk yang menggunakan kabel, bisa di isi manual. Namun saat ini pada umumnya menggunakan DHCP untuk pemberian ip ke host. Namun untuk beberapa perangkat seperti server lokal ataupun printer , lebih baik kita set manual, berikut setting mikrotik dhcp server

untuk setting DHCP Server,  masuk ke IP >> Dhcp Server>>klik Dhcp Setup

dhcp

Lalu ikuti step step dan diisi sesuai dengan data ip yang anda gunakan

Dengan menyelesaikan setting mikrotik  diatas, maka host-host dibawah router sudah bisa mengakses internet.

Tapi sebenarnya default setting mikrotik di mikrotik yang baru sudah ada, tinggal anda menyesuaikan ip wan dengan provider anda.

Shares