Pilih Laman

Kali ini saya ingin memberi tips kepada teman-teman untuk memilih provider internet  untuk rumah ataupun kantor.Kenapa kita harus jeli memilih, agar kita tidak merasa rugi bahkan sampai merasa tertipu.

Saat ini di batam, internet service provider (ISP) yang aktif dalam hitungan saya sendiri tidak sampai 20 Provider(CMIIW).

Menurut saya semua internet yang di berikan provider dibatam ini sama, yang beda hanya pelayanan after sales dan kestabilan dari provider tersebut membuat jaringannya.
Masalah kecepatan , itu tergantung dari kesepakatan anda.

Baiklah berikut hal-hal yang perlu anda perhatikan saat mencari provider internet adalah kebutuhan anda terhadap internet.

Kebutuhan ini saya kategorikan ke beberapa sbb :

Dedicated atau Broadband(UpTo),
Jika anda perusahaan menengah keatas yang butuh koneksi ke kantor2 anda yang lain untuk mengirim file atau mengambil file atau dikantor anda ada server email atau server yang lainnya banyak diakses oleh orang selama 24 jam.maka sebaiknya anda memilih Dedicated. Broadband menurut saya  cocok untuk user small office dan rumah. Dan yang perlu diingat Broadband atau UpTo , Upload yang didapat tidak sebesar Download , jadi jangan lupa upload perlu ditanyakan juga untuk paket broadband ini, ada juga provider internet yang menjual broadband dapat memberikan upload dan download yang sama besar. Harga Dedicated akan lebih mahal dibanding Broadband, masalah kecepatan tergantung dari kemampuan anda. Intinya jika anda ingin kecepatan yang tetap selama 24 jam maka pilihlah Dedicated. Dan jika anda membutuhkan ip publik, pilihlah dedicated, karena biasanya paked dedicated sudah mendapat ip publik.
Sedangkan Broadband tidak mendapat IP Publik, kecuali anda request IP Publik untuk paket anda.
Kenapa Upload perlu diperhatikan, karena ada aplikasi yang membutuhkan upload yang besar, saya misalkan cctv, saat kita mengakses cctv, pemakaian internet di sisi cctv berada adalah upload, sedangkan pemakaian internet di sisi handphone atau laptop
tempat mengakses cctv tersebut adalah download.

Baca juga Broadband,Dedicated dan Quota

Waktu / Time Base ,

Apakah anda butuh internet selama 24 jam ?  atau hanya siang saja atau hanya sesekali saja.
sebuah hotel pasti akan membutuhkan internet 24 jam, sedang kan kantor ada yang hanya butuh office hour saja, coba aja tanya ke provider, sapa tau sudah ada paket office hour aja. kan harga bisa berkurang.hehe. Jika anda sebuah hotel,atau perusahaan yang butuh 24 jam internet hidup sebaiknya pilihlah provider yang benar-benar 24 jam mau menangani gangguan,bukan helpdesk yang 24 jam tapi penanganan gangguannya di lanjut setelah jam kerja.

Usage packet , Unlimited atau Quota ,

Menurut saya , disaat sekarang ini paket quota hanya cocok untuk personal hp, gadget, bukan untuk
bisnis atau kantoran yang di pakai bersama dan terus menerus dan bukan untuk streaming video atau youtube yang terus menerus, biasanya Quota ini tidak dibatasi kecepatannya, sehingga user semakin ketagihan untuk internetan maka semakin cepat habis Quoatanya.
kenapa, semakin banyak yang pakai semakin cepat quota habis, maka semakin cepat kita beli paket lagi, kalau di hitung sebulan , mungkin lebih besar biaya paket quota dibanding dengan unlimited yang ada di pasaran. Jadi jangan terlena dengan Quota besar, tapi sesuaikan dengan kebutuhan usage internet anda, niat ingin irit, yang ada malah boros.

Harga ,

Yang tahu kemampuan anda adalah anda sendiri,  jangan kepingin Maksimal tapi kemampuan anda kecil, Kalau hal yang utama anda itu adalah harga, di batam banyak provider internet harga murah, tapi jangan tanya kualitas dan kestabilannya, jangan marah dengan kekurangannya , karena yang anda keluarkan juga kecil. Ada harga ada Kualitas dong, hehe.

Dan perlu diingat, harga terendah di suatu tempat bisa saja berbeda dengan tempat yang lain. jadi anda jangan bingung jika harga di tempat lain dengan harga di tempat anda berbeda padahal paketnya sama, ada tempat yang membutuhkan infrastruktur jaringan yang lebih mahal dibandingkan dengan tempat yang lain, ini salah satu membuat harga itu berbeda.

Fiber optik dan Wireless,

Jangan terlalu mempermasalahkan wireless dan fiber, karena fiber optik dan wireless hanyalah media akses, isinya sama2 internet dan kestabilannya tergantung bagaimana memanage nya, kecuali jika anda butuh bandwith yang besar(asumsi saya 20 Mbps keatas) , maka prioritaskan untuk memakai fiber optik,jika tidak ada fiber optik, Wireless juga saat ini sudah mempunyai kapasitas sampai 1 Gigabit. jadi percayakan ke provider yang anda pilih untuk menggunakan media fiber atau wireless.

Intinya dalam memilih provider internet ,

  • Pahami kebutuhan dan budget anda.
  • Pilih provider yang after sales nya baik dan sesuai dengan komitmen di awal berlanggananJika untuk bisnis, ambillah jenis produk bisnis, jangan memakai produk untuk rumah tapi di gunakan untuk bisnis, karena di dalam satu provider pasti ada paket yang berbeda dan mempunyai features yang  berbeda.
  • Carilah provider yang paham dengan kebutuhan kita, bukan provider yang penting murah,dan yang penting jual, alhasil kita dapat pelayanan yang murahan juga.
  • Sampaikan penggunaan anda untuk apa saja, agar provider bisa memberi paket yang sesuai kebutuhan anda
  • Carilah referensi dari orang lain mengenai provider yang ingin anda pilih.

Demikian tips saya kali ini.

Shares